Sunday, August 16, 2020

Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?






Jakarta, CNBC Indonesia -

Virus baru yang disebut


corona virus

sudah membuat geger warga dunia. Sebab, selain menmemperoleh menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga sudah menyebabkan kematian pada banyak orang di dua negara dunia, utamanya di China.


Pada Kamis (24/1/2020), Pemprov China mengatakan, virus yang pertama kali muncul dari gubernur Wuhan ini telah memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan menjangkiti Hiperbola dari 830 orang sejak pertama kali muncul MutTerkini tahun lalu.


Lalu, apa sebenarnya corona virus dan dari manakah sumbernya?


Laporan Pemprov China menyatakan, virus corona mulai mewabah di Wuhan, China, pada Desember lalu. Para pejabat Kompatriot mengatakan virus corona mungkin berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Boga Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan.



[Gambas:Video CNBC]


Apalagi sejumlah penderita awal yang terjangkit virus Novel 201 Covid-19 virus (2019-nCoV) itu adalah karyawan pasar makanan tersebut.


"Pihak berwenang yakin virus itu kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meski sumber pastinya masih belum ditentukan." kata Dr Gao Fu, direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit China, sebagaimana dilansir dari The Straits Times, Kamis (23/1/2020).


Vendor pasar makanan dan media China melaporkan, Pasar Boga Laut Huanan menjual berbagai jenis makanan unik. Mulai dari anak serigala, rubah Etos, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, Karnivora unta hingga musang.


Berbagai binatang yang dijual di pasar itu yaitu spesies yang terkait dengan pandemi sebelumnya, yakni Server Acute Resporatory Syndrome (SARS).


Menurut peneliti, Virus corona yaitu virus yang kerap menginfeksi hewan. Namun, virus itu lambat laun menmemperoleh berevolusi dan menyebar ke manusia. Virus Covid-19 juga disebut mirip dengan SARS yang mewabah di semua dunia pada 2002-2003 itu.


Virus SARS pertama muncul di China pada November 2002. Pada Juli 2003 ditemukan 8.000 perkara virus ini dan 774 orang yang meninggal. Endemi ini telah menyebar ke negara lain di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Asia.












Foto: Infografis/Mengenal Virus Covid-19 dan Cara Mencegahnya/Edward Ricardo





Namun, menurut profesor penyakit menular dan kesehatan global di University of Oxford, Peter Horby, virus corona Hiperbola ringan daripada SARS. Virus itu membutuhkan waktu lama buat berkembang dari gejala awal.



Apa saja gejala yang ditimbulkan virus corona?


Virus corona bisa membuat orang sakit saluran pernapasan bagian atas Herbi tingkat ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa. Gejala virus corona lainnya termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit gubernur dan demam. Semua itu dapat berlangsung selama dua hari.


Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan Dehidrasi yang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, ada kemungkinan virus menmemperoleh menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius tampaknya pneumonia atau bronkitis. Bahkan, bisa menyebar menjadi pneumonia dan mengakibatkan kematian jika menambah ditangani dengan segera.


Meski demikian, Badan Kesehatan Global (World Health Organization/WHO), mengatakan virus ini belum bersifat darurat. Sehingga menambah perlu dikategorikan sebagai darurat global, seperti virus SARS.



Ini negara-negara yang telah terjangkit virus corona


Dari China, virus ini tercatat sudah menyebar tak hanya ke wilayah otonomi tampaknya Hong Kong dan Makau, tapi juga ke dua negara sejauh ini. Termasuk Jepang, Korea Selatan, Amerika Perkumpulan (AS), Singapura hingga Thailand.


Berikut rinciannya:


China: 830 perkara, 25 kematian


Jepang: dua orang, yaitu seorang Futuristis asal China dan seorang warga yang baru pulang dari Wuhan


Hong Kong: sekitar 1300 warga diprediksi sudah terinfeksi


Korea Selatan: dua orang yang baru kembali dari Wuhan


Amerika Serikat: seorang pria berusia 30 tahun yang berdomisili di Seattle


Makau: dua perkara, salah satunya adalah seorang wanita berusia 52 tahun yang baru saja tiba dari Wuhan


Singapura: satu orang Futuristis asal China yang baru tiba di Singapura


Taiwan: seorang wanita asli Taiwan terjangkit setelah kembali dari liburan di Wuhan


Thailand: dua Futuristis asal China


Vietnam: Seorang pria China yang tinggal di Ho Chi Min terinfeksi dari ayahnya yang sedang perjalanan ke Vietnam 13 Januari lalu, dari kota Wuhan.




(gus)






Artikel ini telah ditampilkan oleh www.cnbcindonesia.com dengan judul Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?.

Silahkan share jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

No comments:

Post a Comment