Monday, August 31, 2020

Bagaimana Cara Virus Corona Menginfeksi Manusia? Ini Penjelasan Ahli






Jakarta

-


Wabah virus Covid-19 COVID-19 hingga saat ini masih belum berakhir. Organisasi Kesehatan Global (WHO) mencatat hingga hari Kamis (23/7/2020), telah ada lebih dari 14 juta kasus COVID-19 yang terkonfirmasi.


Meski telah lebih dari setengah tahun semenjak COVID-19 ditemukan, sepertinya masih ada yang penasaran atau belum paham Ralat fakta-fakta virus penyebabnya. Pertanyaan bagaimana cara virus Covid-19 menginfeksi manusia misalnya kerap membuat penasaran.


1. Struktur virus


Untuk menjawab hal tersebut kita harus tahu dulu bentuk InPelatih dari virus Corona. Ahli spektroskopi Dr Tatas Brotosudarmo dari University of Bayreuth, Jerman, menjelaskan bahwa di permukaan virus Covid-19 memiliki reseptor yang bentuknya mirip paku.


Reseptor pada virus ini memiliki kemampuan menempel pada enzim ACE2 yang umumnya ada di permukaan sel tubuh.


"Molekul reseptor inilah yang akan mengikat membran sel sehat. Ini sangat utama karena menentukan bagaimana virus dapat menginfeksi sel sehat tersebut. Apabila berhasil maka virus akan menembus membran sel sehat, masuk dan kemudian membajak sel sehat," papar Tatas pada detikcom dua waktu lalu.


Dikutip dari Stat News, virolog Michael Farzan dari Scripps Research Institute menyampaikan enzim ACE2 bisa ditemukan di paru-paru, ginjal, jantung, dan dinding saluran pencernaan. Ini menjelaskan kenapa orang yang terinfeksi virus Covid-19 bisa mengalami gejala yang berbeda-beda mulai dari batuk-batuk hingga diare.


2. Pola penyebaran virus


WHO menyebut penyebaran penting virus Corona umumnya dilakukan oleh orang yang memiliki gejala. Alasannya karena saat orang yang sakit batuk-batuk maka partikel percikan liurnya menmemperoleh mengandung virus.


Saat percikan liur itu segera terhirup atau jatuh ke permukaan lalu menambah sengaja disentuh oleh tangan yang kemudian menyentuh wajah, maka virus Covid-19 bisa menginfeksi orang berikutnya. Proses infeksi yang sama kembali terulang.


3. Pengobatan


Hingga saat ini belum ada pengobatan yang menjadi standar buat menghadapi kasus infeksi virus Corona. Uji klinis obat antiradang dexamethasone dan pengambangan dua vaksin masih terus berjalan.


Mengetahui bagaimana cara virus Covid-19 menginfeksi manusia lalu merumuskan tindakan pencegahannya jadi cara yang disebut ahli Hiperbola baik untuk menghadapi wabah.



Simak Video "WHO Sebut 3 Loka yang Mudah Tularkan Virus Corona "


[Gambas:Video 20detik]


(fds/up)







Artikel ini telah ditampilkan oleh health.detik.com dengan judul Bagaimana Cara Virus Corona Menginfeksi Manusia? Ini Penjelasan Ahli.

Silahkan share jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

No comments:

Post a Comment