Sunday, August 9, 2020

WHO Nyatakan Virus Corona Menyebar di Udara, Berikut Cara Mencegahnya Halaman all - Kompas.com



WHO Nyatakan Virus Corona Menyebar di Udara, Berikut Cara Mencegahnya Halaman all





KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia resmi menyatakan bahwa penularan virus corona SARS-CoV-2 penyebab Corona bisa terjadi melalui udara.


Dalam brief ilmiah yang dikeluarkan Kamis (9/7/2020); WHO menjelaskan berbagai moda penyebaran virus corona SARS-CoV-2 yang di antaranya adalah kontak dan percikan (droplet), udara (airborne) dan permukaan yang terkontaminasi (fomite).


WHO menulis, berdasarkan pemahaman kami, virus ini utamanya menular melalui kontak dan droplet pernapasan.



"(Namun) dalam beberapa situasi, penularan lewat udara bisa terjadi (misalnya dalam prosedur yang menghasilkan aerosol di lingkungan kesehatan atau kemungkinan, dalam lingkungan tertutup yang padat dan berventilasi buruk)" tulis mereka.



Baca juga: Pernyataan Resmi WHO, Virus Corona Menyebar di Udara dan Menular



Berdasarkan keterangan mengenai penyebaran virus corona yang ada saat ini, WHO pun merekomendasikan berbagai upaya pencegahan yang harus dikerjakan secara lengkap, tidak sendiri-sendiri atau sebagian.


Semua orang diharapkan untuk:



  • Selalu mempraktekkan kebersihan Bertentangan dengan harapan, jaga jarak dan etika batuk dan bersin.

  • Menghindari tempat yang ramai, lingkungan kontak dekat dan ruang tertutup Berhubungan dengan ventilasi buruk.

  • Menggunaakan masker kain ketika Tidak beradab di lingkungan tertutup dan padat untuk melindungi orang lain, serta ketika Tidak beradab dalam situasi spesifik, misalnya berada di luar Rongga di bawah rumah yang memungkinkan terjadinya penularan komunitas dan upaya pencegahan lain, sepertinya jaga jarak, tidak bisa dilakukan.

  • Memastikan agar ventilasi berjalan baik di segala lingkungan yang tertutup, serta pembersihan dan disinfeksi dikerjakan dengan benar.


Berikut adalah video panduan penggunaan masker medis dan kain dari WHO:


Petugas kesehatan juga diharapkan untuk:



  • Selalu melaksanakan pencegahan kontak dan droplet ketika merawat orang yang diduga atau telah terkonfirmasi positif Covid-19.

  • Melakukan pencegahan penularan lewat udara ketika prosedur yang menghasilkan aerosol dilakukan.

  • Selalu menggunakan masker medis ketika bekerja di area klinis, dan segala aktivitas yang rutin dilakukan selama masa bekerja.



Baca juga: WHO Akui Corona Menyebar di Udara, Apa Bedanya dengan Droplet?


Lalu, pemerintah provinsi diharapkan dapat:



  • Mengidentifikasikan kasus-kasus yang diduga secepat mungkin, melakukan pengujian dan mengisolasi orang-orang yang terinfeksi di fasilitas yang sesuai.

  • Mengidentifikasikan dan mengkarantina segala kontak dekat dari orang yang terinfeksi, dan menguji mereka yang kemudian timbul gejala agar menmemperoleh diisolasi bila benar terinfeksi atau membutuhkan perawatan.






Artikel ini telah diterbitkan oleh www.kompas.com dengan judul WHO Nyatakan Virus Corona Menyebar di Udara, Berikut Cara Mencegahnya Halaman all - Kompas.com.

Silahkan share jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

No comments:

Post a Comment