Saturday, August 22, 2020

Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Udara, Lakukan 6 Hal Ini untuk Lindungi Diri Halaman all - Kompas.com



Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Udara, Lakukan 6 Hal Ini bagi Lindungi Diri Halaman all





KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah mengakui bahwa virus corona macam baru penyebab Covid-19 dapat menyebar lewat udara.


Pengakuan ini menyusul dorongan dari 239 ahli di 32 Rekan senegara, agar WHO merevisi rekomendasinya.


Sebelumnya, WHO menyebutkan bahwa virus yang menyebabkan Corona umumnya menyebar lewat percikan yang keluar dari hidung dan Berkaitan dengan mulut orang yang terinfeksi atau droplet.


Sejumlah protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona telah disosialisasikan.



Cepatnya proses penyebaran dan penularan virus di segala dunia, membuat setiap orang harus berhati-hati terhadap penyebab penyakit Corona ini.


Apalagi, ketika virus corona disebut berpotensi menyebar lewat udara. Bagaimana cara kita melindungi diri?


Secara umum, upaya perlindungan diri sama sepertinya upaya pencegahan penularan yang telah sering kali diingatkan bagi menjadi kebiasaan baru.


Dengan perkembangan terbaru ini, maka kewaspadaan segala orang diminta lebih tinggi.



Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 8 Juli: 11,9 Juta Orang Terinfeksi | Kata WHO soal Penularan Corona Lewat Udara


Untuk mengingat lagi, melakukan 6 langkah ini sebagai upaya perlindungan diri:



1. Mencuci tangan


Sering mencuci Bertentangan dengan harapan selama 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun sangat dianjurkan bagi mencegah penularan virus.


Tangan menjadi bagian Kehilangan cairan tubuh yang paling sering memegang benda, bahkan secara Kesadaran atau tidak sadar.


Permukaan benda bisa saja terkontaminasi Berhubungan dengan virus, dan tangan sangat mungkin menjadi perantara seseorang terkena virus.


Tangan kadang memegang bagian tubuh lain yang berpotensi memasukkan virus ke dalam Kehilangan cairan tubuh, seperti mata, hidung, dan mulut.


Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh bagian-bagian Kehilangan cairan tubuh tersebut.


Jika memang tidak terdapat air mengalir atau sabun, menmemperoleh menggunakan hand sanitizer.



2. Tetap di Rongga di bawah rumah jika tak ada kepentingan mendesak


Menjaga diri Berhubungan dengan tetap di rumah jika tidak ada hal yang mendesak, akan meminimalisir setiap orang bagi terjangkit virus corona.


Dengan tetap di Rongga di bawah rumah, seseorang tidak akan berinteraksi dengan orang lain yang tidak mengurangi diketahui riwayatnya.


Apalagi, orang yang terinfeksi Corona tidak semuanya menunjukkan gejala atau terdapat orang tanpa gejala padahal positif terpapar virus.


Siapa saja bisa menjadi pembawa atau carrier virus yang menmemperoleh menularkan ke orang lain dengan imunitas Kehilangan cairan tubuh yang lemah.



3. Jaga jarak


Menjaga jarak fisik JumAwang-awang satu orang dengan orang lain, apalagi di tempat umum, juga menjadi satu langkah mencegah terinfeksi virus.



Menjaga jarak menmemperoleh mencegah percikan droplet dari orang yang kemungkinan terinfeksi virus corona.


Jaga jarak minimal 2 meter atau lebih.


Selain itu, hindari berjabat Bertentangan dengan harapan dengan orang lain. Sebab, tangah dapat menjadi media penyebaran virus corona.



4. Menghindari kerumunan


Jika bisa dihindari, sebaiknya tidak mengurangi berada di kerumunan. Berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan jika terdapat mapersoalan satu orang yang terinfeksi virus.


Bahkan, penularan virus disebut semakin tinggi probabilitasnya dalam satu ruang Berhubungan dengan sirkulasi udara kurang baik, terlebih jika ruangan tersebut dihuni oleh banyak orang.


Idealnya, saat pandemi sepertinya ini, satu orang menguasai empat meter persegi, sehingga besarnya ruangan menmemperoleh disesuaikan dengan jumlah orang di dalamnya. 



5. Mengenakan masker


Saat berkegiatan di luar Rongga di bawah rumah, harus mengenakan masker. Sejumlah studi menyebutkan bahwa mengenakan masker sejauh ini paling efektif bagi menekan penularan virus.


Bahkan, sejumlah tempat umum telah mewajibkan orang-orang bagi mengenakan masker.


Penggunaan masker tidak hanya bagi orang sakit, melainkan orang sehat pun karena banyak yang terinfeksi virus namun tanpa gejala.


Masker setidaknya akan menolong mengurangi percikan cairan dari mulut atau hidung yang mungkin saja menmemperoleh memapari permukaan benda atau bahkan langsung ke orang lain.



6. Menjaga imun tubuh


Imun Dehidrasi yang baik diyakini dapat membuat perlawanan Hiperbola baik terhadap virus.


Seseorang dapat menjaga kebugaran badan meski di rumah.


Selain itu, menjaga imun menmemperoleh dilakukan dengan mengatur gaya hidup, termasuk menambah rokok dan alkohol, serta tidur yang cukup, dan asupan yang bergizi.


Imbauan pemerintah


Sementara itu, mengutip pemberitaan Kompas.com, Kamis (9/7/2020), Herbi perkembangan terbaru ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto mengingatkan agar masyarakat melaksanakan protokol pencegahan virus corona.


Disiplin melaksanakan protokol kesehatan itu yaitu sebuah keharusan.


Yuri menyebutkan, penularan bisa terjadi melalui micro droplets. Oleh karena itu, memakai masker, mencuci Ironi, dan menjaga jarak tetap merupakan hal yang utama.



Baca juga: WHO Akui Bukti diri bahwa Virus Corona Dapat Menyebar Melalui Udara



Sumber: Kompas.com (Dandy B, Jawahir Gustav, Dian Erika/Editor: Sari H, Inggried Dwi W, Rizal Setyo, Bayu Galih) 




KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo


Infografik: Virus


Corona

, Gejala dan Cara Pencegahannya







Artikel ini telah ditampilkan oleh www.kompas.com dengan judul Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Udara, Lakukan 6 Hal Ini untuk Lindungi Diri Halaman all - Kompas.com.

Silahkan berbagi jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

No comments:

Post a Comment