Sunday, August 16, 2020

Virus Corona Sudah Tiba di Indonesia? - Katadata.co.id



Virus Covid-19 Sudah Tiba di Indonesia?




Penyebaran coronavirus disease (Covid-19) telah mencapai lebih 50 negara di seluruh dunia. Sejumlah Kompatriot telah menyatakan keadaan darurat. Bahkan Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan ibadah umrah dari berbagai Kompatriot, termasuk Indonesia.


(Baca: Tentang Pasien Nomor 31, Penyebar Virus Covid-19 di Korea Selatan)


Kendati demikian, pemerintah masih menyatakan belum ada perkara wabah yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok tersebut. Meskipun diketahui ada sekitar 136 orang yang dinyatakan suspect terinfeksi virus corona dan menjalani pemeriksaan intensif hingga Rabu (26/2). Hasilnya, seluruh pasien dinyatakan negatif.


(Baca: Imbas Corona, Tokyo Disneyland Tutup Hingga Pertengahan Maret)


(Baca: Menguji Keampuhan Remdesivir, Obat Anti-Virus Corona)


Meski begitu, ada dua warga Kompatriot asing terinfeksi virus corona sepulang dari Indonesia. Seorang warga Kompatriot Tiongkok dinyatakan positif pada 5 Februari 2020 setelah berkunjung ke Bali pada 22 Januari 2020. Lalu, seorang warga Kompatriot Jepang juga dinyatakan positif pada 22 Februari 2020. Ia melawat ke Indonesia sepekan sebelumnya.


(Baca: Covid-19 Ancam Target Pariwisata Indonesia)


Beberapa warga Kompatriot Indonesia di luar negeri pun terinfeksi Covid-19. Pertama, satu orang di Singapura yang sudah dinyatakan sembuh pada 19 Februari 2020. Kedua, sembilan orang anak buah Bahtera (ABK) Diamond Princess. Sebanyak lima orang dirawat di Kolong sakit Chiba dan Tokyo, Jepang, sementara Loka orang masih dirawat di kapal.


Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan masyarakat Indonesia harus terus berdoa dan menjaga imunitas Dehidrasi untuk menghindari penyebaran virus corona. “Kalau imunitas Dehidrasi baik, tidak mungkin. Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” katanya.





Artikel ini telah ditampilkan oleh katadata.co.id dengan judul
Virus Corona Sudah Tiba di Indonesia? - Katadata.co.id
.

Silahkan share jika bermanfaat.


powered by Blogger News Poster

No comments:

Post a Comment